Rabu, 23 Maret 2011

Algoritma dan Program Mencari Titik Tengah Sebuah Garis

1.       algoritma dan program untuk mencari titik tengah sebuah garis yang ujung titiknya adalah A(x1,y1) dan B(x2,y2).
Input = A(x1,y1)
                B(x2,y2)
Output = mencetak titik tengah sebuah garis (xT,yT)
·         Algoritma
1.       masukan x1
2.       masukan x2
3.       masukan y1
4.       masukan y2
5.       hitung titik tengah xT
6.       hitung titik tengah yT
7.       Tampilkan T(xT,yT)

·         Program dari Algoritma diatas
#include <iostream>
class Titik{
      friend istream& operator>>(istream& ,Titik&);
      friend ostream& operator<<(ostream& ,Titik&);
      public:
             Titik();
             float titik1();
             float titik2();
      private:
             float x1, x2;
             float y1, y2;
             float TitikTengahx;
             float TitikTengahy;
             };
Titik::Titik(){
               }
float Titik :: titik1(){
                TitikTengahx=(x1+x2)/2;
                return TitikTengahx;
      }
float Titik :: titik2(){
      TitikTengahy=(y1+y2)/2;
      return TitikTengahy;
      }
istream& operator>>(istream& in, Titik& M){
         cout<<"PROGRAM MENGHITUNG TITIK TENGAH"<<endl;
         cout<<"masukkan nilai x1 dan x2 : ";
         in>>M.x1>>M.x2;
         cout<<"masukkan nilai y1 dan y2 : ";
         in>>M.y1>>M.y2;
         return in;
   }

ostream& operator<<(ostream& out, Titik& M){
        out<<"titik tengahnya adalah :("<<M.titik1()<<" , "<<M.titik2()<<")";
        return out;
   }
int main(){
        Titik x;
        cin>>x;
        cout<<x;
      return 0;
}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar